PDAM Bandarmasih Bakal Rehabilitasi Intake Sungai Tabuk

PDAM Bandarmasih Bakal Rehabilitasi Intake Sungai Tabuk

Banjarmasin – Akibat Intrusi air laut kladar garam di sungai Martapura meningkat hingga 1.737 ml/g yang menyebabkan Intake Sungai Bilu tidak bisa beroperasi, sehingga air baku yang digunakan PDAM Bandarmasih diambil dari Intake Sungai Tabuk sebagai bahan baku utama air bersih di Banjarmasin.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih H. Supian, ST, MT mengatakan ” Intake Sungai Tabuk masih bisa mengambil air sebanyak 6.800 meter kubik per jam yang mana air inilah yang didistribusikan ke IPA A Yani nantinya “. Saat ini, IPA A Yani juga mendapat suplai air dari Intake Sungai Tabuk agar memenuhi kapasitas produksi. Sebagai aternatif PDAM dalam mengatasi krisis air di musim kemarau ini, PDAM Bandarmasih bakal rehabilitasi Intake Sungai Tabuk. Agar pompa air berjalan maksimal,  PDAM berencana untuk merehab intake  dengan memasang pipa header exsisting diameter 1.200 di Intake Sungai Tabuk.

Pilihan lain untuk air baku PDAM adalah program Banjar Bakula yang direncakan oleh Pemerintah Provinsi. Namun hingga saat ini program Banjar Bakula, pemasangan pipa dari Riam Kanan hanya sampai pinus Banjarbaru dan baru mencakup PDAM Intan.

“Itu bantuan pusat yang akan dikelola oleh Provinsi. Jika ini bisa menjadi solusi, kami akan membeli air baku ke provinsi melalui Banjar Bakula,” jelasnya. Supian menambahkan air di intake sungai bilu tetap dipantau perjam nya dan masih aman. Dia berharap semoga kemarau tahun ini tidak bertambah parah.

(hum/ch)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.