PDAM Terima Piala Emas, Begini Harapan Dirut

PDAM Terima Piala Emas, Begini Harapan Dirut

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Berhasil memboyong piala emas Bhumandala Award, Direktur Utama Ir. Yudha Achmady mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi kepada Tim IT PDAM Bandarmasih.

PDAM Bandarmasih berhasil memboyong penghargaan Bhumandala Pemanfaatan Informasi Geospasial 2021 atas inovasi pengembangan aplikasi GIS BAIMAN.

Bhumandala merupakan penghargaan terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

GIS BAIMAN merupakan aplikasi milik PDAM Bandarmasih yang terintegrasi dengan android, SIMPDAM (Sistem Informasi PDAM), aplikasi dan kegiatan-kegiatan milik PDAM Bandarmasih lainnya.

GIS BAIMAN sendiri bukan merupakan aplikasi GIS pertama milik PDAM Bandarmasih, Direktur Utama Ir. Yudha Achmady menjelaskan mereka sudah cukup lama menggunakan aplikasi berbasis informasi geospasial, namun dulu menggunakan aplikasi yang berbayar.

“Kami menggunakan dari pihak swasta sehingga berbayar, selain itu banyak sekali keterbatasan dalam pemanfaatan aplikasinya,” ucapnya.

Teman-teman dari departemen IT dan didukung oleh departemen lainnya pun bertekad untuk melakukan perubahan, mengubah kemampuan aplikasi menjadi open source, tidak berbayar.

“Berubah 180 derajat,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan perubahan yang dilakukan, kini PDAM Bandarmasih dapat memanfaatkan secara maksimal penggunaan aplikasi GIS milik mereka.

Salah satu kemudahan yang dialami dalam penggunaan aplikasi ini ialah dalam pengelolaan data pelanggan yang mencapai hingga 200 ribu pelanggan hingga dalam pengembangan jaringan-jaringan perpipaan.

“Sangat dimudahkan sekali akibat implementasi teknologi berbasis geospasial, termasuk dalam penanggulangan kebocoran, teman di lapangan dimudahkan dalam merespon keluhan dari masyarakat, karena kita sudah memegang informasi itu,” jelasnya

Ia menyebutkan penggunaan GIS BAIMAN sudah dilakukan sejak 2018 lalu. Pada tahun ini mendapat kesempatan untuk mengikuti penghargaan Bhumandala terkait inovasi dalam pemanfaatan informasi geospasial.

Sebenarnya, dalam penghargaan ini yang diundang adalah pihak Pemerintah Kota.

“Teman-teman mencoba untuk ikut, kami support Pemko, jadi kita mengikutkan aplikasi GIS BAIMAN milik PDAM Bandarmasih tetapi atas nama Pemko,” ujarnya.

GIS BAIMAN adalah Geospasial Banjarmasin Aplication of Mapping Asset and Network.

Inovasi PDAM Bandarmasih ini disambut hangat oleh juri dan berhasil memenangkan piala emas, bersaing dengan provinsi yang lainnya.

Aplikasi GIS BAIMAN ini dikembangkan sendiri dengan sumber daya manusia milik PDAM Bandarmasih.

Yudha menuturkan rasa bangganya terhadap Tim Pengembangan GIS BAIMAN. Ia juga berharap aplikasi ini dapat terus dikembangkan sehingga bisa bersinergi dengan instasi-instasi lain.

“Terima kasih untuk teman-teman yang sudah bekerja keras dalam hitungan minggu untuk mempersiapkan kegiatan ini,” pungkasnya. (ltf)

Artikel PDAM Terima Piala Emas, Begini Harapan Dirut pertama kali tampil pada Habar PDAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.